Haloo guys
Selamat datang kembali di blog saya semoga artikel- artikel sebelumnya bermanfaat dan memberikan informasi bagi anda .
Ok, langsung saja bagi anda yang mau memulai berbisnis di dunia maya dengan modalkan design. di artikel ini saya akan memberikan inspirasi untuk anda dari 2 designer sukses di Indonesia .
Tips Sukses Membangun Bisnis Online dari 2 Desainer Muda
Banyak sekali sekarang ini cara bisnis online yang benar dan menguntungkan di sekitar kita. Hal ini memang karena semakin banyak yang mengetahui bahwa bisnis online merupakan salah satu sarana yang menguntungkan. Apalagi untuk melakukan bisnis yang memang dapat mencakup masyarakat luas.
Banyak sekali alasan yang menyebabkan media bisnis online banyak dicari. Tentu saja yang pertama, konsumen merasa mudah untuk mengakses produk dari rumah, yang membuatnya tidak harus datang ke toko yang dibutuhkan. Selain itu, kemudahan dalam hal melakukan transaksi yang memang dapat dilakukan sejauh apapun konsumen tersebut berada, hal tersebutlah yang akhirnya membuat banyak orang tertarik dengan bisnis online.
Kini semakin banyak para wanita muda yang menggeluti dunia bisnis. Seiring dengan perkembangan zaman, berbinis bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah, yakni melalui jaringan internet.
Tetapi terkadang, masih banyak di antara mereka yang belum memahami bagaimana cara memulai bisnis di dunia online sehingga seringkali para wanita ini melewatkan kesempatan berharga untuk memulai usaha. Jangan dulu berputus asa, berikut tips membangun bisnis online dari dua desainer fashion, Ria Miranda dan Diana Rikasari :
1. Sesuai Passion
Hal pertama yang perlu diketahui adalah mulailah bisnis yang sesuai dengan minat. Seperti yang dituturkan oleh perancang busana muslimah Ria Miranda, passion atau minat berperan penting akan kelangsungan bisnis. Jika tak ada passion, keinginan untuk menggeluti bisnis hanya akan dijalankan dengan setengah hati.
“Aku lihat banyak para entrepreneur lokal yang punya bisnis online. Dari situ aku jadi terinspirasi untuk berbisnis tapi yang sesuai minatku di dunia fashion” ujar pemilik brand UP Shoes Diana Rikasari di acara Fashionpreneur di Locanda, Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (9/5/2015).
2. Tahu Target Market
Lebih lanjut ibu satu anak ini menjelaskan, mengetahui target market dari produk yang ingin dipasarkan adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Oleh karena itu diperlukan riset kecil untuk mengetahui selera pasar. Setiap produk yang ingin diluncurkan pasti memiliki target market yang berbeda-beda. Misalnya untuk wanita berhijab, non hijab, wanita muda, ibu-ibu, atau untuk semua kalangan.
“Tapi target marketnya harus lebih detail lagi. Kalau ditujukan untuk anak muda, anak muda di daerah mana? Jakarta, Bandung atau mencakup seluruh daerah? Kan setiap kota juga gayanya beda-beda,” lanjut Diana.
3. Bergabung di Komunitas
Ria menuturkan, dengan bergabung ke dalam suatu komunitas, seseorang dapat mengetes apakah produknya bisa diterima oleh orang-orang sebelum ia merilis produknya secara online. “Menurutku gabung di komunitas itu penting ya. Kalau nggak ada komunitas, kita nggak tau bagaimana tanggapan orang-orang tentang produk kita. Istilahnya tes market dulu,” papar desainer lulusan ESMOD itu.
4. Aktif di Forum
Membangun sebuah bisnis online tak akan berhasil tanpa mempromosikannya secara online juga. Diana yang memulai bisnis sepatu di tahun 2011 menyarankan, saat sudah mempunyai bisnis online tak ada salahnya untuk aktif di forum jual-beli untuk memperkenalkan produk.
“Dari situ kita bisa dapat feedbacknya. Kita bisa minta pendapat tentang produk yang dirilis, bisa menerima pendapat dan keluhan juga. Jadi kita bisa tahu apa saja yang aspek harus diperbaiki dalam membangun bisnis,” tutupnya.
Selamat mencoba dan semoga berhasil guys .